Laporan PI
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Disusun oleh :
ARYA DITTO RIZKY ST
NIS : 8700/1424.064
SMK
NEGERI 5 MALANG
PAKET
KEAHLIAN TEKNIK
KOMPUTER dan JARINGAN
JL. IKAN PIRANHA ATAS, TLP.
(0341) 478195, FAX. (0341) 477087
www.smkn5malang.sch.id
Juni 2018
LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
UIN MAULANA MALIK
IBRAHIM MALANG
Disusun sebagai salah satu syarat kelulusan
pelaksanaan
Kegiatan Praktek Industri
Disusun
oleh :
ARYA
DITTO RIZKY SUHARTONO
NIS
: 8700/1424.064
SMK NEGERI 5 MALANG
PAKET KEAHLIAN TEKNIK
KOMPUTER dan JARINGAN
JL.
IKAN PIRANHA ATAS, TLP. (0341) 478195, FAX. (0341) 477087
www.smkn5malang.sch.id
Juni 2018
LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH
Nama
Sekolah : SMK Negeri 5 Malang
Program
Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Nama
Industri : UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat
Industri : Jl. Gajayana No.50 Dinoyo Malang 65144
Waktu
Pelaksanaan : 08 Januari – 08 Juni 2018
NIS
Peserta : 8700/1424.064
Nama
Peserta : Arya Ditto Rizky Suhartono
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
UIN
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Malang, 14 Mei
2018
Peserta Uji,
Arya Ditto Rizky Suhartono
8700/1424.064
Mengetahui,
Kepala Program Keahlian
Tri
Wahjoedi Hidayat.M.Pd
NIP. 19680111 199903 1 004
Pembimbing Sekolah
Drs.Tugiran
NIP. 19600610 199503 1 001
LEMBAR
PENGESAHAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
Disusun oleh :
Arya Ditto Rizky Suhartono
NIS.8700/1424.064
Tanggal Pelaksanaan : 08 Januari – 08 Juni
2018
Mengesahkan.
Kepala
Bagian Umum
A. Zubairi,S.Ag.,M.H.
NIP. 197002232000031001
LEMBAR VALIDASI
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Nama
Sekolah : SMK Negeri 5 Malang
Program
Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Nama
Instansi :
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Instansi : Jl. Gajayana no.50 Dinoyo Malang
Waktu
Pelaksanaan : 08 Januari – 08 Juni 2018
NIS
Peserta : 8700/1424.064
Nama
Peserta :
Arya Ditto Rizky Suhartono
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
UIN MAULANA MALIK
IBRAHIM MALANG
Malang,
14 Mei 2018
Peserta Uji,
Arya Ditto Rizky
Suhartono
8700/1424.064
Mengetahui,
Penguji 1
Drs.
Tugiran
NIP. 19600610 199503
1 001
Penguji 2
Soepardi,
S.Pd
NIP. 19660420 199003 1 017
iii
|
KATA
PENGANTAR
Syukur
Alhamdullilah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya
sehingga penulis bisa menyelesaikan kegiatan praktik industri sekaligus
pembuatan laporan PRAKERIN ini.
Laporan
ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan kegiatan prakerin, yang
telah penulis tempuh selama kurang lebih 6 bulan, terhitung mulai 08 Januari – 08 Juni 2018, yang
bertempat di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada intansi maupun perorangan yang telah membantu
kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan PRAKERIN ini, antara lain kepada
:
1. Drs.
, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Malang
2. Bapak
Ari Subagyo, MT selaku Kaprokal Teknik Komputer dan Jaringan
3. Bapak
Tugiran selaku pembimbing dari sekolah
4. Ibu
Dra.Nur Emi Irodah,
selaku pembimbing dari UIN MAULANA MALIK
IBRAHIM MALANG.
5. Orang
tua penulis yang memberikan dukungan baik materil maupun moril
6. Teman-teman penulis dan semua pihak
yang membantu kelancaran PRAKERIN
Penulis
menyadari segala kekurangan dalam pembuatan laporan ini, sehingga penulis
mengharapkan masukan dan saran yang membangun demi kemajuan dan perbaikan
laporan ini.
Malang, 14 Mei 2018
Penulis
Arya Ditto Rizky Suhartono
DAFTAR ISI
Halaman
Cover
Halaman
Judul
Lembar pengesahan Sekolah ........................................................................................... i
Lembar pengesahan Industri ............................................................................................ ii
Lembar
Validasai ............................................................................................................. iii
Kata
Pengantar................................................................................................................. iv
Daftar
Isi ........................................................................................................................... v
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................................................... 1
A.
Latar Belakang ............................................................................................................. 1
B. Dasar ............................................................................................................................ 2
C. Tujuan
Praktik Kerja Industri ....................................................................................... 3
1.Bagi Siswa .............................................................................................................. 3
2.Bagi Sekolah ............................................................................................................ 3
3.Bagi Perusahaan ...................................................................................................... 3
D. Manfaat
Prakerin ......................................................................................................... 4
BAB II
PELAKSANAAN............................................................................................................... 5
A. Informasi
Umum............................................................................................................ 5
1. NamaPerusahaan..................................................................................................... 5
2. Alamat Perusahaan................................................................................................... 5
3. Bidang Garapan........................................................................................................ 5
4. Waktu Pelaksanaan.................................................................................................. 5
B.Kompetensi
Yang Didapat …………………………………………………………..6
1. Umum........................................................................................................................ 5
Tugas terintegrasi..................................................................................................... 5
2. Khusus....................................................................................................................... 5
Pekerjaan yang didapat............................................................................................ 5
BAB III
PENUTUP......................................................................................................................... 6
A. Simpulan..................................................................................................................... 6
B. Saran........................................................................................................................... 6
C. Daftar Lampiran……………………………………………………………………...7
v
|
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sehubungan dengan
perkembangan tehnologi saat ini dan semakin banyaknya berdirinya
perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menutut adanya hasil dan Sumber Daya
Manusia yang baik dan berkualitas, maka di perlukan tenaga kerja Profesial yang
handal dan berpengalaman untuk mencapai target atau sasaran tertentu dari
perusahaan tersebut.Untuk mengantisipasi hal tersebut bangsa Indonesia harus
bekerja keras untuk mempersiapkan serta menciptakan Sumber Daya Manusia yang
handal dan mampu mengembangkan keterampilan dan keahlianyang profesional bagi
setiap peserta didik. Dalam hal ini sektor pendidikan mempunyai peran penting
didalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia tersebut Progam pendidikan harus berorientasi pada
kebutuhan pasar kerja.
Dikarenakan hal tersebut,maka muncullah
gagasan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
atau disebut Prakerin ( Praktek Kerja Industri) yang memberi kesempatan
bagi pelaksana pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membina
dan membimbing para siswa dalam kegiatan usaha serta saling bekerja sama dengan
usaha /industri/instansi lain.
Dengan adanya
kesempatan kerja sama antara pihak sekolah dengan dunia
usaha/industri/instansi, maka kegiatan belajar mengajar akan di mungkinkan
dapat berlangsung pada dunia tempat usaha , di sekoalah, dan instansi.
Praktek Kerja Industri
memberikan nilai tambah yang sangat berarti, baik bagi sekolah maupun dunia
usaha. Bagi sekolah, biaya pendidikan akan menjadi rendah, disamping itu para
siswa akan terlibat lansung dalam kegiatan belajar mengajar pada kondisi yang
nyata. Sebaliknya bagi dunia usaha akan mendapatkan lulusan yang terampil
sebagai tenaga kerja yang produktif dan siap pakai.
1
|
B. Dasar-Dasar Pelaksanaan Prakerin
Adapun
hal-hal yang menjadi dasar dilaksanakannya Kegiatan Praktek Kerja Industri ini
adalah sebagai berikut :
1. Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 323/U/1997 , tentang
Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda.
2. Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 04/90/4/1992
3. Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 08/4/1993 , tentang
kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
4. Ketetapan
MPR no. IV/MPR/1999 , tentang GBHN 1999-2004 babIV arah kebijakan pendidikan
pada butir nomor 7C.
5. Undang-Undang
No. 2 tahun 1989 , tentang Sistem Menengah Nasional pada Pasal 384.
6. Surat
Edaran Dikmenjur No. 3357/C.4/C.24 , tentang pengadaan PKL dengan PSG.
2
|
C. Tujuan
Praktek Kerja Industri
1.
Bagi Siswa
a. Siswa bisa mengukur kemampuan yang dia miliki
sehingga mampu mempersiapkan mental serta berinstopreksi untuk memperbaiki dan
meningkatkan etos kerja.
b. Mengetahui
dan mengamati langsung aktifitas di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG untuk mempelajari, menganaliasa
dan memberikan pemecahan masalah yang dihadapi di dunia kerja.
c. Mendapat pengalaman kerja, ilmu, pengetahuan,
yang bisa didapat di dunia kerja merupakan suatu yang sangat berharga yang bisa
didapatkan dengan melaksanakan prakerin Mempersiapkan
diri menghadapi dunia kerja.
d.
Sebagai
wujud implementasi atau pelaksanaan antar dunia keja dan dunia pendidikan.
2. Bagi
Sekolah
a.
Untuk
mengetahui kesiapan siswa sebelum memasuki dunia kerja.
b.
Untuk
mengetahui seberapa besar ilmu yang diterapkan siswa selama memasuki dunia
kerja.
c.
Menjalin
kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
3. Bagi
Perusahaan
a.
Memberikan
kesempatan kerja kepada siswa untuk mengetahui dan mengenalkan dunia kerja yang sesungguhnya.
b.
Untuk
menjalin kerja sama perusahaan dengan sekolah.
c.
Sebagai
umpan balik perusahaan terkait dengan proses yang sudah dilakukan dengan teori
yang telah diterima oleh siswa.
d.
Dapat
memberikan kontribusi dalam pencapaian target pekerjaan dilapangan dengan baik
secara kualitas maupun kuantitas.
3
|
D.
Manfaat
Prakerin
Praktek Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan
suatu kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha atau dunia
Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan
juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja
yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti
di masa sekarang ini.Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan
setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja
serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri
agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna
bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara
maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada didunia Usaha atau dunia
Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia
industri.Selain itu membentuk mental dan motivasi siswa – siswi SMK sebagai
tenaga kerja yang siap kerja
serta mampu mandiri serta berjiwa pekerja keras, jujur, bertanggung jawab serta ulet dalam bekerja.
4
|
BAB II
PELAKSANAAN
A.
INFORMASI UMUM
1. Nama
Perusahaan/Instansi
Nama
: UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jenis Usaha :
Pendidikan Formal
2. Alamat
Perusahaan
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG beralamatkan di JL.Gajayana No.50 Dinoyo
Malang
3. Profil DU/DI
a. Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50
tanggal 21 Juni 2004. Bermula dari gagasan para tokoh Jawa Timur untuk
mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam di bawah Departemen Agama,
dibentuklah Panitia Pendirian IAIN Cabang Surabaya melalui Surat Keputusan
Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 yang bertugas untuk mendirikan Fakultas
Syari’ah yang berkedudukan di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah yang berkedudukan
di Malang. Keduanya merupakan fakultas cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
dan diresmikan bersamaan oleh Menteri Agama pada 28 Oktober 1961. Pada 1 Oktober
1964 didirikan juga Fakultas Ushuluddin yang berkedudukan di Kediri melalui
Surat Keputusan Menteri Agama No. 66/1964.
b.
Dalam
perkembangannya, ketiga fakultas cabang tersebut digabung dan secara struktural
berada di bawah naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel yang
didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 20 tahun 1965. Sejak
saat itu, Fakultas Tarbiyah Malang merupakan fakultas cabang IAIN Sunan Ampel.
Melalui Keputusan Presiden No. 11 Tahun 1997, pada pertengahan 1997 Fakultas
Tarbiyah Malang IAIN Sunan Ampel beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Malang bersamaan dengan perubahan status kelembagaan semua
fakultas cabang di lingkungan IAIN se-Indonesia yang berjumlah 33 buah. Dengan
demikian, sejak saat itu pula STAIN Malang merupakan lembaga pendidikan tinggi
Islam otonom yang lepas dari IAIN Sunan Ampel.
5
|
c. Di dalam rencana
strategis pengembangannya sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis
Pengembangan STAIN Malang Sepuluh Tahun ke Depan (1998/1999-2008/2009), pada
paruh kedua waktu periode pengembangannya STAIN Malang mencanangkan mengubah
status kelembagaannya menjadi universitas. Melalui upaya yang sungguh-sungguh
usulan menjadi universitas disetujui Presiden melalui Surat Keputusan Presiden
RI No. 50, tanggal 21 Juni 2004 dan diresmikan oleh Menko Kesra Prof. H. A.
Malik Fadjar, M.Sc atas nama Presiden pada 8 Oktober 2004 dengan nama
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dengan tugas utamanya adalah
menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang ilmu agama Islam dan bidang
ilmu umum. Dengan demikian, 21 Juni 2004 dijadikan sebagai hari kelahiran
Universitas ini.
d. Sempat bernama
Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS) sebagai implementasi kerjasama antara
pemerintah Indonesia dan Sudan dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Dr. (Hc)
H. Hamzah Haz pada 21 Juli 2002 yang juga dihadiri oleh para pejabat tinggi
pemerintah Sudan. Secara spesifik akademik, Universitas ini mengembangkan ilmu
pengetahuan tidak saja bersumber dari metode-metode ilmiah melalui penalaran
logis seperti observasi, eksperimentasi, survei, wawancara, dan sebagainya.
Tetapi, juga dari al-Qur’an dan Hadits yang selanjutnya disebut paradigma
integrasi. Oleh karena itu, posisi matakuliah studi keislaman: al-Qur’an,
Hadits, dan Fiqih menjadi sangat sentral dalam kerangka integrasi keilmuan
tersebut.
e.
Secara
kelembagaan, sampai saat ini Universitas ini memiliki 6 (enam) fakultas dan 1
(satu) Program Pascasarjana, yaitu: (1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
menyelenggarakan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS), dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI), (2) Fakultas Syari’ah, menyelenggarakan Jurusan al-Ahwal
al-Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah (3) Fakultas Humaniora,
menyelenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, dan Jurusan Bahasa dan Sastra
Inggris, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (4) Fakultas Ekonomi,
menyelenggarakan Jurusan Manajemen, Akuntansi, Diploma III Perbankan Syariah,
dan S-1 Perbankan Syariah (5) Fakultas Psikologi, dan (6) Fakultas Sains dan
Teknologi, menyelenggarakan Jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik
Informatika, Teknik Arsitektur dan Farmasi. Adapun Program Pascasarjana
mengembangkan 6 (enam) program studi magister, yaitu: (1) Program Magister
Manajemen Pendidikan Islam, (2) Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, (3)
Program Magister Agama Islam, (4) Program Magister Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI), (5) Program Magister Pendidikan Agama Islam, dan (6) Program
Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah. Sedangkan untuk program doktor dikembangkan
2 (dua) program yaitu (1) Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam dan (2)
Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab.
5
|
4. Bidang
Garapan
Disana
saya
ditempatkan di kantor bagian umum dan saya mendapatkan tugas pada bagian
Melayani pengambilan paket dan juga sebagai asisten teknisi disana. Di sana
saya diajarkan bagaimana cara mengelola data dengan berbasis komputer yang baik
dan benar . Disana saya juga diajari cara merawat Proyektor dan cara Mengganti Proyektor jika ada yang
rusak . Saya juga diajari cara membuat surat perjalanan dinas (SPD) Dan surat
tugas (ST)
5. Waktu
Pelaksanaan
Waktu palaksanaan prakerin di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG mulai
pada tanggal
08 Januari 2018 dan
berakhir pada tanggal 08 Januari 2018.
Selama kurang lebih 6
bulan siswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya dari sekolah pada
suatu dunia usaha atau dunia industri (DU/DI). Jadwal kerja peserta prakerin di
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
mulai hari Senin sampai hari Jum’at,
jam kerja
untuk hari senin-kamis mulai 08.00-16.00 wib. dan untuk hari jum’at mulai
08.00-16.30 wib.
B.
KOMPETENSI YANG DIDAPAT
1. Umum
Tugas terintegrasi
2. Khusus
Pekerjaan yang didapat
·
Bisa
mengetahui
metode pelayanan yang baik dan benar
·
Dapat mengetahui cara merawat Proyektor dengan baik
dan benar
·
Mengerti cara memberi nomor surat untuk surat /
documen
·
Mengerti cara melegalisir dokumen seperti Surat
Undangan
·
Mengerti cara membuat surat perjalanan dinas (SPD)
·
Megerti cara membuat surat tugas (ST)
5
|
BAB
III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
·
Dari kegiatan prakerin yang dilaksanakan di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Penulis
mendapatkan banyak
pengalaman dan pengetahuan baru yaitu mengenai tata
cara pelayanan yang baik,dapat memahami dan mengetahui tata cara bagaimana
menginstall komputer .Mengerti cara melegalisir dokumen
.Memahami tata cara perawatan dan
instalasi Proyektor
·
Penulis juga mendapat bimbingan
dan saran dari para pegawai di UIN
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG tentang tata cara bekerja yang baik sesuai dengan
aturan yang berlaku disana,selain itu penulis juga diberikan masukan apabila
sering kali melakukan kesalahan.penulis juga diberikan motivasi agar selalu
semangat dan sabar dalam melakukan suatu pekerjaan baik itu di bidang garapan
maupun bukan pada bidangnya.
·
Di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM
siswa diberikan beberapa
tugas menurut bidang yang digarapnya,setiap tugas yang dibebankan yang telah
selesai dilaksanakan akan dicek kembali oleh pembimbing agar siswa dapat
memiliki tanggung jawab atas tugas yang digarapnya.
Saran-Saran
a.
Untuk
Industri
·
Kami
mengharap untuk pembimbing di instansi agar lebih aktif memberikan pengajaran
ataupun pemahaman agar siswa lebih kompeten dalam mengerjakan tugas yang
dibebankan kepada nya.
b.
Untuk
Sekolah
·
Kami mengharap para pembimbing pada pihak sekolah untuk
aktif memberikan peninjauan maupun observasi, agar dapat mengetahui
kekurangan-kekurangan yang ada pada diri siswa yang sedang melaksanakan Praktik
Kerja Industri maupun instansi tempat siswa melaksanakan Praktik Kerja
Industri.
6
|
DAFTAR LAMPIRAN
-Foto saat memperbaiki proyektor
-Foto saat memberi tanda di baliho
6
|
Post a Comment