Laporan PI


PRAKTEK KERJA INDUSTRI


UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG




Disusun oleh :
ARYA DITTO RIZKY ST
NIS : 8700/1424.064





SMK NEGERI 5 MALANG
PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN
JL. IKAN PIRANHA ATAS, TLP. (0341) 478195, FAX. (0341) 477087
www.smkn5malang.sch.id
Juni 2018




LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI


UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Disusun sebagai salah satu syarat kelulusan pelaksanaan
Kegiatan Praktek Industri


Disusun oleh :
ARYA DITTO RIZKY SUHARTONO
NIS : 8700/1424.064




SMK NEGERI 5 MALANG
PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN
JL. IKAN PIRANHA ATAS, TLP. (0341) 478195, FAX. (0341) 477087
www.smkn5malang.sch.id
                                                         Juni 2018


LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH


  Nama Sekolah            : SMK Negeri 5 Malang
  Program Keahlian       : Teknik Komputer dan Jaringan
  Nama Industri              : UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  Alamat Industri            : Jl. Gajayana No.50 Dinoyo Malang 65144
  Waktu Pelaksanaan    : 08 Januari08 Juni 2018
  NIS Peserta                : 8700/1424.064
  Nama Peserta             : Arya Ditto Rizky Suhartono
 


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Malang, 14 Mei  2018
                                                                                  Peserta Uji,


Arya Ditto Rizky Suhartono
8700/1424.064


            Mengetahui,


Kepala Program Keahlian



Tri Wahjoedi Hidayat.M.Pd
NIP.    19680111 199903 1 004
Pembimbing Sekolah




Drs.Tugiran
NIP.     19600610 199503 1 001






 

LEMBAR PENGESAHAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI

 














Disusun oleh :

Arya Ditto Rizky Suhartono

NIS.8700/1424.064


Tanggal Pelaksanaan : 08 Januari08 Juni 2018









Mengesahkan.
Kepala Bagian Umum






                                          A. Zubairi,S.Ag.,M.H.
                                            NIP. 197002232000031001






LEMBAR VALIDASI
PRAKTEK KERJA INDUSTRI


Nama Sekolah            : SMK Negeri 5 Malang
Program Keahlian       : Teknik Komputer dan Jaringan
Nama Instansi             : UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Instansi           : Jl. Gajayana no.50 Dinoyo Malang
Waktu Pelaksanaan    : 08 Januari – 08 Juni 2018
NIS Peserta                : 8700/1424.064
Nama Peserta             : Arya Ditto Rizky Suhartono



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

                                                                                   Malang, 14 Mei  2018
                                                                                   Peserta Uji,



                                    Arya Ditto Rizky Suhartono
                                                                                           8700/1424.064



 Mengetahui,

Penguji 1




Drs. Tugiran

NIP. 19600610  199503  1  001
Penguji 2




Soepardi, S.Pd

NIP. 19660420   199003 1 017

                          
iii
 


KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan kegiatan praktik industri sekaligus pembuatan laporan PRAKERIN ini.
Laporan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan kegiatan prakerin, yang telah penulis tempuh selama kurang lebih 6 bulan, terhitung mulai 08 Januari – 08 Juni 2018, yang bertempat di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada intansi maupun perorangan yang telah membantu kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan PRAKERIN ini, antara lain kepada :
1.      Drs. , selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Malang
2.      Bapak Ari Subagyo, MT selaku Kaprokal Teknik Komputer dan Jaringan
3.      Bapak Tugiran selaku pembimbing dari sekolah
4.      Ibu Dra.Nur Emi Irodah, selaku pembimbing dari UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
5.      Orang tua penulis yang memberikan dukungan baik materil maupun moril
6.      Teman-teman penulis dan semua pihak yang membantu kelancaran PRAKERIN
Penulis menyadari segala kekurangan dalam pembuatan laporan ini, sehingga penulis mengharapkan masukan dan saran yang membangun demi kemajuan dan perbaikan laporan ini.
                                                                                        Malang, 14 Mei 2018
                                                                                                      Penulis

    Arya Ditto Rizky Suhartono

               8700/1424.064





DAFTAR ISI


Halaman Cover
Halaman Judul
Lembar pengesahan Sekolah ........................................................................................... i
Lembar pengesahan Industri ............................................................................................ ii
Lembar Validasai ............................................................................................................. iii
Kata Pengantar................................................................................................................. iv
Daftar Isi ........................................................................................................................... v

BAB I
PENDAHULUAN............................................................................................................... 1
A. Latar Belakang ............................................................................................................. 1
B. Dasar ............................................................................................................................ 2
C. Tujuan Praktik Kerja Industri ....................................................................................... 3
    1.Bagi Siswa .............................................................................................................. 3
     2.Bagi Sekolah ............................................................................................................ 3
     3.Bagi Perusahaan ...................................................................................................... 3
D. Manfaat Prakerin ......................................................................................................... 4
      
BAB II
PELAKSANAAN............................................................................................................... 5
A. Informasi Umum............................................................................................................ 5
    1. NamaPerusahaan..................................................................................................... 5
    2. Alamat Perusahaan................................................................................................... 5
    3. Bidang Garapan........................................................................................................ 5
    4. Waktu Pelaksanaan.................................................................................................. 5
B.Kompetensi Yang Didapat …………………………………………………………..6
    1. Umum........................................................................................................................ 5
        Tugas terintegrasi..................................................................................................... 5
    2. Khusus....................................................................................................................... 5
        Pekerjaan yang didapat............................................................................................ 5

BAB III
PENUTUP......................................................................................................................... 6
A. Simpulan..................................................................................................................... 6
B. Saran........................................................................................................................... 6
C.  Daftar Lampiran……………………………………………………………………...7






v
 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang
Sehubungan dengan perkembangan tehnologi saat ini dan semakin banyaknya berdirinya perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menutut adanya hasil dan Sumber Daya Manusia yang baik dan berkualitas, maka di perlukan tenaga kerja Profesial yang handal dan berpengalaman untuk mencapai target atau sasaran tertentu dari perusahaan tersebut.Untuk mengantisipasi hal tersebut bangsa Indonesia harus bekerja keras untuk mempersiapkan serta menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal dan mampu mengembangkan keterampilan dan keahlianyang profesional bagi setiap peserta didik. Dalam hal ini sektor pendidikan mempunyai peran penting didalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia tersebut  Progam pendidikan harus berorientasi pada kebutuhan pasar kerja.
      Dikarenakan hal tersebut,maka muncullah gagasan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)  atau disebut Prakerin ( Praktek Kerja Industri) yang memberi kesempatan bagi pelaksana pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membina dan membimbing para siswa dalam kegiatan usaha serta saling bekerja sama dengan usaha /industri/instansi lain.
Dengan adanya kesempatan kerja sama antara pihak sekolah dengan dunia usaha/industri/instansi, maka kegiatan belajar mengajar akan di mungkinkan dapat berlangsung pada dunia tempat usaha , di sekoalah, dan instansi.
Praktek Kerja Industri memberikan nilai tambah yang sangat berarti, baik bagi sekolah maupun dunia usaha. Bagi sekolah, biaya pendidikan akan menjadi rendah, disamping itu para siswa akan terlibat lansung dalam kegiatan belajar mengajar pada kondisi yang nyata. Sebaliknya bagi dunia usaha akan mendapatkan lulusan yang terampil sebagai tenaga kerja yang produktif dan siap pakai.
1
Dalam Praktek Kerja Industri pihak Sekolah Menengah Kejuruan harus dapat memanfaatkan dunia usaha industri/instansi, ini sebagai wahana pelatihan yang paling efektif bagi pembentukan keterampilan dan sikap profesional para lulusan.
B.   Dasar-Dasar Pelaksanaan Prakerin
Adapun hal-hal yang menjadi dasar dilaksanakannya Kegiatan Praktek Kerja Industri ini adalah sebagai berikut :
1.   Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 323/U/1997 , tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda.
2.   Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 04/90/4/1992
3.   Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 08/4/1993 , tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
4.   Ketetapan MPR no. IV/MPR/1999 , tentang GBHN 1999-2004 babIV arah kebijakan pendidikan pada butir nomor 7C.
5.   Undang-Undang No. 2 tahun 1989 , tentang Sistem Menengah Nasional pada Pasal 384.
6.   Surat Edaran Dikmenjur No. 3357/C.4/C.24 , tentang pengadaan PKL dengan PSG.

















2
 

C.   Tujuan Praktek Kerja Industri

1.    Bagi Siswa

a.    Siswa bisa mengukur kemampuan yang dia miliki sehingga mampu mempersiapkan mental serta berinstopreksi untuk memperbaiki dan meningkatkan etos kerja.
b.    Mengetahui dan mengamati langsung aktifitas di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG untuk mempelajari, menganaliasa dan memberikan pemecahan masalah yang dihadapi di dunia kerja.
c.     Mendapat pengalaman kerja, ilmu, pengetahuan, yang bisa didapat di dunia kerja merupakan suatu yang sangat berharga yang bisa didapatkan dengan melaksanakan prakerin Mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.
d.    Sebagai wujud implementasi atau pelaksanaan antar dunia keja dan dunia pendidikan.

2.    Bagi Sekolah

a.    Untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum memasuki dunia kerja.
b.    Untuk mengetahui seberapa besar ilmu yang diterapkan siswa selama memasuki dunia kerja.
c.     Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

3.    Bagi Perusahaan

a.    Memberikan kesempatan kerja kepada siswa untuk mengetahui dan mengenalkan dunia kerja yang sesungguhnya.
b.    Untuk menjalin kerja sama perusahaan dengan sekolah.
c.     Sebagai umpan balik perusahaan terkait dengan proses yang sudah dilakukan dengan teori yang telah diterima oleh siswa.
d.    Dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian target pekerjaan dilapangan dengan baik secara kualitas maupun kuantitas.




3
 

D.   Manfaat Prakerin
Praktek Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan suatu kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada didunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia industri.Selain itu membentuk mental dan motivasi siswa – siswi SMK sebagai tenaga kerja yang siap kerja serta mampu mandiri serta berjiwa pekerja keras, jujur, bertanggung jawab serta ulet dalam bekerja.














 




4
 

BAB II

PELAKSANAAN


A.   INFORMASI UMUM
1.    Nama Perusahaan/Instansi
Nama                   : UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jenis Usaha         : Pendidikan Formal
2.    Alamat Perusahaan
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG beralamatkan di JL.Gajayana No.50 Dinoyo Malang
3.    Profil DU/DI
a.    Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Bermula dari gagasan para tokoh Jawa Timur untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam di bawah Departemen Agama, dibentuklah Panitia Pendirian IAIN Cabang Surabaya melalui Surat Keputusan Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 yang bertugas untuk mendirikan Fakultas Syari’ah yang berkedudukan di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah yang berkedudukan di Malang. Keduanya merupakan fakultas cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan diresmikan bersamaan oleh Menteri Agama pada 28 Oktober 1961. Pada 1 Oktober 1964 didirikan juga Fakultas Ushuluddin yang berkedudukan di Kediri melalui Surat Keputusan Menteri Agama No. 66/1964.
b.   
5
Dalam perkembangannya, ketiga fakultas cabang tersebut digabung dan secara struktural berada di bawah naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 20 tahun 1965. Sejak saat itu, Fakultas Tarbiyah Malang merupakan fakultas cabang IAIN Sunan Ampel. Melalui Keputusan Presiden No. 11 Tahun 1997, pada pertengahan 1997 Fakultas Tarbiyah Malang IAIN Sunan Ampel beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang bersamaan dengan perubahan status kelembagaan semua fakultas cabang di lingkungan IAIN se-Indonesia yang berjumlah 33 buah. Dengan demikian, sejak saat itu pula STAIN Malang merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam otonom yang lepas dari IAIN Sunan Ampel.
c.    Di dalam rencana strategis pengembangannya sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Pengembangan STAIN Malang Sepuluh Tahun ke Depan (1998/1999-2008/2009), pada paruh kedua waktu periode pengembangannya STAIN Malang mencanangkan mengubah status kelembagaannya menjadi universitas. Melalui upaya yang sungguh-sungguh usulan menjadi universitas disetujui Presiden melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 50, tanggal 21 Juni 2004 dan diresmikan oleh Menko Kesra Prof. H. A. Malik Fadjar, M.Sc atas nama Presiden pada 8 Oktober 2004 dengan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dengan tugas utamanya adalah menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang ilmu agama Islam dan bidang ilmu umum. Dengan demikian, 21 Juni 2004 dijadikan sebagai hari kelahiran Universitas ini.

d.    Sempat bernama Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS) sebagai implementasi kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Sudan dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Dr. (Hc) H. Hamzah Haz pada 21 Juli 2002 yang juga dihadiri oleh para pejabat tinggi pemerintah Sudan. Secara spesifik akademik, Universitas ini mengembangkan ilmu pengetahuan tidak saja bersumber dari metode-metode ilmiah melalui penalaran logis seperti observasi, eksperimentasi, survei, wawancara, dan sebagainya. Tetapi, juga dari al-Qur’an dan Hadits yang selanjutnya disebut paradigma integrasi. Oleh karena itu, posisi matakuliah studi keislaman: al-Qur’an, Hadits, dan Fiqih menjadi sangat sentral dalam kerangka integrasi keilmuan tersebut.

e.   
5
Secara kelembagaan, sampai saat ini Universitas ini memiliki 6 (enam) fakultas dan 1 (satu) Program Pascasarjana, yaitu: (1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, menyelenggarakan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), (2) Fakultas Syari’ah, menyelenggarakan Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah (3) Fakultas Humaniora, menyelenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, dan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (4) Fakultas Ekonomi, menyelenggarakan Jurusan Manajemen, Akuntansi, Diploma III Perbankan Syariah, dan S-1 Perbankan Syariah (5) Fakultas Psikologi, dan (6) Fakultas Sains dan Teknologi, menyelenggarakan Jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur dan Farmasi. Adapun Program Pascasarjana mengembangkan 6 (enam) program studi magister, yaitu: (1) Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, (2) Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, (3) Program Magister Agama Islam, (4) Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), (5) Program Magister Pendidikan Agama Islam, dan (6) Program Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah. Sedangkan untuk program doktor dikembangkan 2 (dua) program yaitu (1) Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam dan (2) Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab.

4.    Bidang Garapan
Disana saya ditempatkan di kantor bagian umum dan saya mendapatkan tugas pada bagian Melayani pengambilan paket dan juga sebagai asisten teknisi disana. Di sana saya diajarkan bagaimana cara mengelola data dengan berbasis komputer yang baik dan benar . Disana saya juga diajari cara merawat Proyektor  dan cara Mengganti Proyektor jika ada yang rusak . Saya juga diajari cara membuat surat perjalanan dinas (SPD) Dan surat tugas (ST)
5.    Waktu Pelaksanaan
Waktu palaksanaan prakerin di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG mulai pada tanggal 08 Januari 2018 dan berakhir pada tanggal 08 Januari 2018. Selama kurang lebih 6 bulan siswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya dari sekolah pada suatu dunia usaha atau dunia industri (DU/DI). Jadwal kerja peserta prakerin di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG mulai hari Senin sampai hari Jum’at, jam kerja untuk hari senin-kamis mulai 08.00-16.00 wib. dan untuk hari jum’at mulai 08.00-16.30 wib.

B.   KOMPETENSI YANG DIDAPAT
1.    Umum
Tugas terintegrasi
2.    Khusus
Pekerjaan yang didapat
·      Bisa mengetahui metode pelayanan yang baik dan benar
·      Dapat mengetahui cara merawat Proyektor dengan baik dan benar
·      Mengerti cara memberi nomor surat untuk surat / documen
·      Mengerti cara melegalisir dokumen seperti Surat Undangan
·      Mengerti cara membuat surat perjalanan dinas (SPD)
·      Megerti cara membuat surat tugas (ST)
5
 
BAB III

PENUTUP

1.    Kesimpulan
·      Dari kegiatan prakerin yang dilaksanakan di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Penulis mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yaitu mengenai tata cara pelayanan yang baik,dapat memahami dan mengetahui tata cara bagaimana menginstall komputer .Mengerti cara melegalisir dokumen
.Memahami tata cara perawatan  dan instalasi Proyektor
·         Penulis juga mendapat bimbingan dan saran dari para pegawai di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG tentang tata cara bekerja yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku disana,selain itu penulis juga diberikan masukan apabila sering kali melakukan kesalahan.penulis juga diberikan motivasi agar selalu semangat dan sabar dalam melakukan suatu pekerjaan baik itu di bidang garapan maupun bukan pada bidangnya.
·         Di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM siswa diberikan beberapa tugas menurut bidang yang digarapnya,setiap tugas yang dibebankan yang telah selesai dilaksanakan akan dicek kembali oleh pembimbing agar siswa dapat memiliki tanggung jawab atas tugas yang digarapnya.

Saran-Saran
a.    Untuk Industri
·         Kami mengharap untuk pembimbing di instansi agar lebih aktif memberikan pengajaran ataupun pemahaman agar siswa lebih kompeten dalam mengerjakan tugas yang dibebankan kepada nya.

b.    Untuk Sekolah
·        
6
Kami mengharap para pembimbing pada pihak sekolah untuk aktif memberikan peninjauan maupun observasi, agar dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada diri siswa yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri maupun instansi tempat siswa melaksanakan Praktik Kerja Industri.

DAFTAR LAMPIRAN


-Foto saat memperbaiki proyektor





-Foto saat memberi tanda di baliho
6
 







































Tidak ada komentar