Ide Usaha (SWOT)

Ide usaha “Keripik Nanas” dengan analisis SWOT


Product (product) : Keripik nanas
Strenght (Kekuatan) :
  • Bahan sangat mudah didapat karena pusatnya berada di kawasan perkebunan nanas
  • Mempunyai rasa yang unik dan manis
Weakness (kelemahan) :
  • Jika ada kesalahan dalam pengolahan keripik nanas maka keripik nanasnya akan gagal
  • Produk ini masih belum di kenal
Opportunity (Kesempatan) :
  • Keripik nanas masih  jarang di pasaran, kesempatan besar untuk membuat usaha ini lebih maju, serta dengan adanya  kreasi dan inovasi olahan olahan dari bahan dasar nanas yang baru . usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar

Threats (Ancaman):
  • Ketidaktahuan masyarakat tentang adanya keripik nanas, sehingga akan menyulitkan penjualan
  • Kepopuleran keripik nanas masih kalah dengan keripik singkong

Place (tempat) : online store  , no maden (berpindah pindah)
Strenght (Kekuatan) : 
  • online store tidak perlu memiliki atau menyewa toko  sehingga modal yang akan di keluarkan tidak besar dan dapat di akses dimana saja kapan saja
  • Toko buka 24 jam penuh sehingga memudahkan konsumen untuk membeli barang
  • Disamping adanya online store, offline storenya juga ada  yaitu dalam bentuk mobil  sehingga bisa berpindah pindah tempat dari tempat yang satu ke tempat yang lain seperti tempat hiburan, karnaval, tempat nongkrong, car free day, pasar tumpah dll
Weakness (kelemahan) :
  • Barang yang di beli tidak langsung di terima oleh konsumen karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tapi ini bisa di atasi dengan metode penjualan no maden yang tadi dijelaskan.  sehingga bagi pembeli yang ingin membeli langsung produk kita bisa langsung datang ke tempat kita menggelar lapak offline dengan pemberitahuan langsung dari media social seperti (facebook, twitter dll)

Opportunity (Kesempatan) :
  • Dengan adanya online store ini kita bisa memberikan kesempatan bagi orang yang ingin menjadi reseller produk yang kita jual sehingga bisa meningkatkan penjualan dan semakin dikenal di masyarakat

Threats (Ancaman):
  • Dengan banyaknya pesaing  di media online yang menjual produk sejenis dengan berbagai macam varian dan rasa yang baru bisa menjadikan ancaman


Price (harga):

Harga di bandrol tiap bungkus berat 100gr Rp. 9000/bungkus dan ada juga kemasan ekonomis yaitu 50gr  yang dijual dengan harga Rp. 5000/bungkus

Strenght (Kekuatan) : 

·         Harga sangat terjangkau dan di bawah pasaran

Weakness (kelemahan) :

·         Dengan harga yang murah sebagian konsumen beranggapan keripik yang jual tidak higienis

Opportunity (kesempatan) :
  • Dengan harga yang terjangkau maka akan meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk yang kita jual dan setelah dia mencoba, menilai dan merasakan, dan konsumen kita menyukainya maka dia akan membeli lagi produk kita
Threats (ancaman) :
  • Pesaing akan membuat inovasi baru dan harga yang lebih murah dari yang kita sehingga jual sehingga akan membuat persaingan pasar semakin ketat




Promotion (promosi) :
Mempromosikan di media online  , walking to other (titip lapak)  di blog/site orang lain
Strenght (Kekuatan) : 
  • Dapat di akses kapan saja dan dimana saja
Weakness (kelemahan) :
  • Konsumen/pembeli tidak selamanya online
Opportunity (kesempatan) :
  • Dengan cara menitip lapak di website/blog yang sejenis maka akan lebih banyak di lihat oleh konsumen sehingga mereka (konsumen) akan mengetahui produk kita
Threats (ancaman) :
  • Dengan banyaknya pesaing  di media online yang menjual produk sejenis dan dengan promosi yang sama dengan kita maka akan menghambat penjualan produk

Tidak ada komentar